Monday, January 8, 2024

Mengenal Aplikasi Instagram ( IG )

Pendiri Instagram dan Sejarah Perkembangan Perusahaan



Pendiri Instagram atau founder yang memiliki peran sebagai tonggak terkait kelahiran platform media sosial terbesar di dunia ini tentu saja bernama Kevin Systrom. Ia merintis karirnya sejak saat masih berkuliah di Stanford University ketika magang di Odeo (perusahaan yang kini kita kenal sebagai Twitter) sebagai mikro-blogger.

Kevin Systrom lahir di Holliston, sebuah kota kecil yang terletak di Massachusetts, Amerika Serikat. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), ia kemudian memilih jalan hidup untuk menggeluti jurusan Management Science and Engineering dan berhasil lulus dari Stanford University pada tahun 2006. Kelulusan ini membuat Systrom berbeda dengan Bill Gates, Mark Zuckerberg, beberapa tokoh perusahaan lain yang belum menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Pasca keberhasilan akademik di perguruan tinggi, Systrom melanjutkan karir di perusahaan-perusahaan besar dunia, yang salah satunya ia pernah bekerja di Google, mesin pencari terbesar di dunia. Systrom bekerja pada produk unggulan Google seperti Gmail, Google Calendar, Docs, dan Spreadsheets.

Sebenarnya, Systrom tak hanya menggeluti perangkat lunak, namun juga memiliki hobi di dunia musik bergenre Electronic Dance Music (EDM). Tak hanya sekadar menjadi pendengar dan penikmat genre tersebut, Systrom juga berkompeten menjadi disk jockey (DJ). Hal tersebut terbukti saat ia menunjukkan bakatnya tersebut di Rain Nightclub, Palm Hotel. Walaupun demikian, Systrom pada akhirnya memutuskan untuk menggeluti bisnis yang sesuai dengan passion-nya sejak di bangku kuliah.

Sepanjang waktunya bekerja di dunia digital, ia selalu berlatih dan mencari inovasi baru di dunia digital, hingga pada akhirnya ia menemukan sebuah prototipe aplikasi web bernama Burbn, di mana prototipe tersebut menjadi cikal bakal kelahiran Instagram kelak. Burbn pada saat itu dapat dimanfaatkan pengguna untuk check in, memposting rencana, sampai berbagi foto.

Perubahan besar dalam bisnis Systrom terjadi saat Systrom bertemu dengan dua pemodal ventura, Basile Ventures dan Andreessen Horowitz, di sebuah acara di Silicon Valley. Dua orang tersebut yang akhirnya yang memberikan modal kepada Systrom untuk mengembangkan Burbn. Dalam dua minggu awal, Systrom berhasil mengumpulkan 500 dollar AS untuk pengembangan aplikasi tersebut.

Dia awal perintisannya, Systrom mulai membentuk sebuah tim, di mana orang pertama yang membantunya adalah Mike Krieger, seorang lulusan Stanford University pula sekaligus mantan pekerja di platform media sosial Meebo. Mereka berdua akhirnya bersepakat untuk mengembangkan Burbn yang berfokus pada konten foto yang secara khusus diambil melalui ponsel. Selanjutnya mereka berdua mengembangkan kemampuan likes dan komentar yang dapat digunakan pengguna.

Langkah besar diambil pada 6 Oktober 2010, di mana Systrom dan Krieger meluncurkan nama baru aplikasi tersebut dengan sebutan Instagram. Sebuah gabungan kata “insta” dan “telegram”.

Kata “insta” merujuk pada kamera polaroid yang dulu lebih dikenal dengan “foto instan”, sehingga dimaksudkan bahwa Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan dalam tampilannya.

Sementara itu, kata “gram” merujuk pada kata “telegram”, di mana cara kerja telegram adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat sehingga Instagram diharapkan dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima dengan cepat pula.

Peluncuran Instagram pertama kali berlangsung sukses karena tidak perlu menggunakan iklan, melainkan hanya mengandalkan viral marketing yang berhasil menjaring 25 ribu pengguna di hari pertama. Di awal ini, Kevin dan Mike hanya menggunakan kotak kecil di pengelolaan data center untuk menyimpan foto-foto dari pengguna.

Selanjutnya, hanya dalam waktu seminggu, penggunanya menembus angka 100 ribu orang. Seiring dengan itu, Kevin dan Mike melakukan upgrade. Seiring perjalanannya, Instagram akhirnya berhasil menarik perhatian pesaing terbesarnya, yaitu Facebook. Instagram pun sepakat untuk menerima tawaran akuisisi dari Facebook senilai USD 1 miliar dan menjadi pembelian terbesar yang pernah dilakukan oleh Facebook.

Dalam perkembangannya, konsep jejaring sosial dengan “follow”, “like” foto, dan “share” berhasil menjadikan Instagram semakin banyak penggunanya. Keberadaan Instagram juga mempengaruhi perilaku pengguna smartphone sehingga menjadi lebih gemar memotret.

Namun, sebenarnya tujuan dibuatnya Instagram bukanlah hanya sekadar sebuah aplikasi media sosial berbasis foto, melainkan juga sebagai sebuah alternatif baru bagi pengguna agar dapat berkomunikasi lewat gambar, yang kemudian disusul dengan video.

Fitur-Fitur Unggulan Instagram

Instagram dapat berkembang dan bertahan menjadi salah satu platform media sosial terbaik di dunia tentu karena berhasil menarik perhatian para penggunanya. Salah satu hal terpenting yang menjadikan Instagram begitu atraktif adalah penyediaan berbagai fitur yang berhasil menjadi wadah bagi para pengguna untuk berkreasi sekaligus berekspresi.

Beberapa fitur yang ditawarkan Instagram, seperti Feeds, Stories, Reels, Marketplace, dan IGTV, ternyata terbukti dapat menarik banyak perhatian pengguna. Selain itu, dengan pengembangan beragam menu dalam fitur-fitur tersebut akhirnya berhasil meningkatkan jumlah pengguna Instagram setiap tahun.

Berikut beberapa fitur Instagram yang berhasil membawa Instagram di puncak kesuksesannya.

Stories

Stories atau cerita adalah salah satu fitur yang tentu paling sering Grameds temukan maupun gunakan ketika mengakses Instagram. Melalui fitur yang satu ini, Grameds dapat berbagi berbagai cerita unik dan menarik kepada followers dengan durasi waktu 24 jam sejak konten story diunggah. Selain itu, Grameds dapat pula menjadikan Stories ini sebagai wadah untuk mengutarakan sekaligus mengekspresikan pendapatnya atas berbagai hal kepada followers. Tidak sampai di situ, fitur ini dapat pula dimanfaatkan untuk keperluan pengiklanan produk atas barang dan jasa tertentu.

Fitur Stories ini juga memiliki beraneka ragam menu yang dapat mendukung konten yang Grameds buat. Menu-menu yang tersedia dalam fitur ini telah berkembang begitu cepat sesuai dengan kebutuhan pengguna tahun demi tahun. Berikut beberapa menu menarik yang dapat Grameds temukan dalam fitur stories.

a. Questions

Melalui menu ini, Grameds dapat melemparkan berbagai pertanyaan kepada followers sehingga dapat memperoleh berbagai tanggapan lewat kolom jawaban. Dengan menggunakan menu ini pada fitur Stories, Grameds dapat bertanya seputar film favorit yang sedang tayang di bioskop, rekomendasi restoran enak, hingga berbagai macam saran lainnya yang tentu dapat berguna bagi Grameds dalam mendapatkan insight baru.

b. Poll

Hampir sama dengan Questions, menu Poll dapat Grameds gunakan untuk melakukan jajak pendapat kepada followers terkait berbagai hal. Perbedaannya, tidak seperti menu Questions yang dapat memberikan followers keleluasaan dalam menjawab pertanyaan secara bebas melalui kolom jawaban yang tersedia, menu Poll membatasi followers untuk memilih satu dari dua pilihan yang Grameds tawarkan. Misalkan, apabila Grameds bingung untuk memilih makan malam dengan soto atau nasi goreng, Grameds dapat meminta pendapat followers terkait makanan apa yang cocok untuk dimakan saat itu. Tak hanya sampai di situ, Grameds juga dapat melakukan berbagai survei kecil-kecilan untuk melihat pendapat followers mulai dari memilih gadget A atau gadget B hingga partai politik A atau partai politik B.

c. Music

Apabila dalam membuat konten story ternyata Grameds membutuhkan musik pengiring agar konten dapat semakin menarik, Grameds dapat memilih lagu yang sesuai dengan isi konten melalui menu Music ini. Grameds hanya perlu mengklik kolom pencarian lagu, lalu pilih lagu yang diinginkan. Selanjutnya pilih bagian lagu yang diingin digunakan sepanjang durasi 15 detik. Voi la! Konten Grameds kini dapat diiringi musik favorit.

d. Quiz

Sesuai dengan namanya, menu Quiz memberikan kesempatan bagi Grameds untuk memuat kuis dalam konten Stories yang ingin dibuat. Melalui menu ini, Grameds dapat membuat sebuah pertanyaan dengan empat jawaban yang dapat followers pilih. Dalam pertanyaan ini, Grameds dapat menentukan satu jawaban yang benar dari empat pilihan yang tersedia. Grameds juga dapat membuat give away event melalui menu ini. Cukup dengan membuat beberapa pertanyaan, Grameds dapat melihat siapa saja dari followers yang berhasil menjawab pertanyaan paling banyak.

e. Mention

Seringkali dalam membuat konten di Stories kita melibatkan orang lain. Melalui menu Mention ini, Grameds dapat menge-tag akun orang-orang yang terlibat dalam cerita yang dibagikan. Selain itu, orang lain yang mendapat tag di story Grameds dapat membagikan ulang story yang sama dengan yang diunggah Grameds.

f. Hashtag

Menu Hashtag memberikan kesempatan bagi Grameds untuk mengangkat berbagai isu ataupun informasi kemudian membagikannya melalui tagar tertentu kepada followers. Selain itu, Grameds dapat berpartisipasi dalam kampanye melalui tagar yang sedang trend. Sebagai contoh, Grameds dapat ikut serta dalam kampanye pelestarian lingkungan dengan tagar #KurangiPlastik.

g. Location

Dalam pembuatan konten story tentu Grameds seringkali ingin membagikan informasi kepada followers terkait di mana cerita itu di ambil. Melalui menu Location, Grameds dapat memilih tempat di mana konten story yang bersangkutan diambil. Followers yang mengklik kolom lokasi tersebut pun dapat segera mengetahui di mana tepatnya lokasi itu berada saat halaman dialihkan ke aplikasi penyedia layanan map sekaligus dapat melihat unggahan Feeds maupun Stories dari semua orang menge-tag lokasi tersebut.

h. Link

Apabila Grameds ingin membagikan konten melalui story yang melibatkan situs lain, misalnya Youtube atau Twitter, Grameds dapat meletakkan tautan yang bersangkutan dengan konten tersebut lewat menu Link. Dengan demikian, Followers dapat langsung membuka tautan yang disematkan tersebut setelah mengkliknya di story Grameds.

i. Rate

Melalui menu Rate ini, Grameds dapat memberi kesempatan kepada followers untuk menilai seberapa menarik konten story yang diunggah. Grameds dapat menentukan emoticon mana yang cocok untuk mewakili rating yang akan diambil.

j. Countdown

Dengan menggunakan menu Countdown, Grameds dapat menghitung mundur event yang dinantikan lewat fitur story. Grameds dapat mengatur tanggal event pada menu ini lalu secara otomatis akan muncul penghitungan waktu secara mundur menuju event tersebut. Grameds dapat membagikan informasi terkait event yang sedang ditunggu-tunggu, seperti hari ulang tahun, pergantian tahun baru, hingga peringatan hari besar.

k. Add Yours

Dalam konten yang dibuat lewat fitur story tentu seringkali Grameds ingin mengajak followers untuk ikut serta membuat konten serupa. Melalui menu Add Yours, Grameds dapat memberikan tantangan kepada followers, bahkan seluruh pengguna Instagram, untuk mengunggah konten serupa dengan yang diunggah oleh Grameds di awal. Sebagai contoh, ketika Grameds mengunggah konten yang memuat foto masa kecil, Grameds dapat memberikan tantangan kepada pengguna Instagram lain untuk ikut serta mengunggah foto masa kecilnya lewat sebuah story.

l. Add Photos

Dalam membuat konten pada fitur Stories, seringkali Grameds ingin menambahkan berbagai foto lainnya untuk membuat konten semakin menarik. Melalui menu Add Photos, Grameds dapat menambahkan foto baru di story baik berasal dari galeri foto gadget maupun langsung diambil lewat kamera gadget.

m. Support Small Business

Menu Support Small Business merupakan menu yang lahir sejak awal pandemi di tahun 2020. Menu ini memberikan kesempatan bagi Grameds untuk berpartisipasi secara aktif untuk membantu usaha kecil menengah dalam merintis usahanya dan meningkatkan perekonomiannya. Dengan menu ini, Grameds dapat ikut mempromosikan berbagai produk berupa barang maupun jasa yang ditawarkan oleh akun pengusaha kecil menengah tersebut.

Feeds

Feeds merupakan fitur Instagram yang tak pernah lekang oleh waktu. Sejak awal pendiriannya, Feeds menjadi fitur utama di mana pengguna dapat membagikan berbagai postingan menarik, mulai dari foto hingga video. Grameds dapat mengunggah foto maupun video dengan skala layar bawaan maupun 1:1 saat mengunggahnya di Feeds.

Saat mengunggah konten foto maupun video melalui Feeds, Grameds dapat memanfaatkan berbagai menu menarik, salah satunya seperti filter yang dapat digunakan agar foto atau video yang Grameds unggah lebih bagus. Selain itu, Grameds juga dapat melakukan crop atas foto maupun trim atas video akan Grameds yang diunggah.

Ketika Grameds akan mengunggah konten untuk Feeds, jangan lupa untuk melampirkan caption menarik yang mendukung pesan yang akan disampaikan dalam konten tersebut. Selain itu, Grameds juga dapat menge-tag akun orang lain yang berkaitan dengan konten Grameds. Menu Location sebagaimana yang terdapat dalam Stories juga dapat Grameds temui pada fitur Feeds ini untuk membagikan informasi kepada followers tentang lokasi konten yang di-post.

Reels

Reels merupakan salah satu fitur terbaru dan berhasil menarik perhatian banyak pengguna Instagram dua tahun terakhir. Fitur ini menawarkan pengalaman bagi pengguna untuk mengunggah video pendek berdurasi 15 sampai 60 detik dengan layat potrait. Berbagai konten seperti tutorial, dance cover, iklan, dan bermacam-macam konten lainnya dapat pengguna buat melalui fitur ini.

Melalui fitur ini, Grameds dapat memadukan berbagai potongan video dan video yang kemudian disisipkan musik yang mendukung, sehingga tercipta sebuah video pendek yang dapat menghibur, bahkan bermanfaat bagi pengguna lain. Apabila konten Grameds banyak disukai pengguna lain, maka akan semakin bertambah jumlah likes, comments, and shares yang akan diraih.

Kita telah membahas secara singkat bagaimana Instagram dapat berdiri hingga akhirnya bisa menempati posisi puncak seperti hari ini. Kemudian, kita juga telah membahas fitur-fitur unggulan yang dimiliki Instagram yang berhasil menarik pengguna di seluruh dunia.

Tentu setelah membaca artikel ini, kami harapkan agar Grameds bisa lebih mengenal pendiri Instagram dan bisa memanfaatkan platform ini semaksimal mungkin dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Instagram. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkannya, Instagram menjanjikan sebuah pengalaman berkomunikasi dan berbagi informasi secara virtual dengan cara yang paling istimewa dibanding para pesaingnya.

Menggunakan Media Sosial dengan bijak



Media sosial kini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Tak hanya berguna sebagai sumber hiburan saja, namun juga sebagai bentuk pembelajaran yang cukup vital. Setiap orang akan mempunyai setidaknya satu akun media sosial. Ada pula anggapan umum yang menilai bahwa media sosial hanya akan membuang-buang waktu saja karena mengalihkan pikiran peserta didik atau sekolah. Akan tetapi, tidak selalu demikian halnya. Apabila kita lihat, banyak sekali pengguna internet berstatus siswa dan juga guru. Media sosial sepertinya sudah mempengaruhi cara siswa dalam belajar dan diajar.

Bahkan, di zaman yang sudah serba digital ini, tidak bisa ditampik bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan hidup bagi sebagian besar orang. Dimana media sosial ini memegang peran penting di hampir semua lini masyarakat. Mulai dari untuk mengirim pesan kepada sahabat, berbagi informasi, sampai mencari tahu suatu informasi yang sedang hangat diperbincangkan. Jadi, tak heran jika ada yang menganggap bahwa media sosial sudah menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap orang.

Kehadiran media sosial ini sudah memberikan banyak manfaat yang cukup besar. Terlebih di era modern ini. Media sosial telah menghapus jarak antar manusia, sehingga cukup efektif untuk mempersingkat waktu dalam berkomunikasi. Di artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai manfaat media sosial untuk segala aspek kehidupan.

Apa Itu Media Sosial ?

Media sosial bisa kita pahami sebagai salah satu platform yang menyediakan fasilitas untuk melakukan berbagai kegiatan sosial untuk setiap penggunanya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di media sosial adalah melakukan komunikasi atau interaksi secara daring sampai memberikan berbagai informasi ataupun konten berupa foto, tulisan, dan juga video. Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut bisa dibuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh.

Pada dasarnya, media sosial merupakan bagian dari pengembangan internet. Dimana kehadirannya sudah membuat media sosial bisa berkembang dan tumbuh secara luas dan cepat. Hal itulah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet bisa melakukan proses penyebaran informasi ataupun konten kapan saja dan dimana saja.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami tentang definisi media sosial secara umum, di bagian ini kita akan membahas mengenai fungsi media sosial. Sebagai salah satu platform digital yang banyak digunakan sekarang ini, media sosial berhasil menghubungan hampir semua orang yang mempunyai akses internet. Akan tetapi, fungsi media sosial ternyata tak hanya sebatas itu saja. Terdapat banyak sekali fungsi lain yang dapat kita peroleh dari media sosial. Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial yang harus kamu pahami, antara lain :

1. Komunikasi

Fungsi yang pertama dari media sosial adalah sebagai alat komunikasi. Sebelum berkembang seperti sekarang, media sosial awalnya hanya fokus untuk membangun ekosistem komunikasi yang baik untuk penggunanya. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, media sosial memiliki fungsi lebih banyak daripada sekadar sebagai alat komunikasi. Media sosial sudah menjadi dunia untuk manusia yang ada di dunia ini untuk berkumpul dan bertransaksi. Media sosial juga sudah berhasil membangun komunikasi yang tanpa batasan geografi dan waktu.

2. Branding

Fungsi yang kedua adalah branding. Setelah berhasil membangun tempat untuk berkumpul bagi semua manusia di muka bumi ini, media sosial juga selalu berkembang dan menyediakan berbagai macam kebutuhan dari manusia, salah satunya yaitu branding. Branding merupakan cara seseorang untuk membangun sebuah citra di mata orang banyak. Untuk melakukan branding, pengguna media sosial umumnya mempunyai cara yang unik dan juga khas untuk mendesain akun media sosial mereka sehingga menarik untuk dilihat oleh pengguna lain. Hal itulah yang menjadikan akun media sosial mirip dengan dunia nyata, karena setiap orang mempunyai ciri khasnya masing-masing.

3. Tempat Usaha

Fungsi yang ketiga adalah sebagai media untuk melakukan usaha ataupun bisnis. Setelah berhasil menggunakan media sosial untuk komunikasi dan branding, perlahan media sosial mulai berkembang, sehingga membuat semua penggunanya bisa membangun usaha dalam jaringan atau online. Sebagai tempat yang bisa diakses selama 24 jam, media sosial sudah terbukti sangat memudahkan penggunanya untuk membangun sebuah bisnis secara online. Hal tersebut diprediksi mempunyai banyak potensi untuk bisa menjangkau lebih banyak orang dibandingkan dengan usaha yang hanya mengandalkan toko fisik saja.

4. Marketing

Fungsi yang terakhir adalah untuk melakukan pemasaran atau marketing. Sebagai salah satu platform yang hampir selalu dipakai oleh orang-orang, saat ini media sosial sukses menciptakan layanan yang memudahkan para pemilik bisnis untuk mengenalkan dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Cara tersebut sudah terbukti efektif dalam meningkatkan keuntungan dan memudahkan pengguna untuk memperoleh kebutuhannya.


Manfaat Media Sosial

Manfaat media sosial sekarang ini tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Sekarang ini, media sosial sudah menjadi bagian yang cukup penting bagi kehidupan, Tua, muda, perempuan, laki-laki, karyawan, pemimpin, semuanya sudah mengenal dan mengetahui keberadaan media sosial. Perkembangan teknologi informasi yang cukup pesat adalah salah satu penyebab boomingnya media sosial. Tapi apa sih sebenarnya untungnya menggunakan media sosial? Yuk cari tahu berbagai manfaat media sosial untuk berbagai macam bidang.

1. Sosial Media Untuk Bersosialisasi

Manfaat media sosial yang paling sering kita peroleh adalah memudahkan orang-orang untuk melakukan sosialisasi atau berhubungan dengan orang lain secara online. Sesuai dengan namanya, media sosial adalah salah satu tempat atau wadah orang-orang untuk bersosialisasi antar individu. Mulai dari berbincang dengan teman yang ada di luar kota tanpa perlu bertemu langsung dan juga berbagi informasi dengan kerabat atau keluarga yang tidak tinggal bersama. Dengan begitu, bisa kita simpulkan bahwa media sosial sangat membantu penggunanya untuk bersosialisasi dengan orang lain secara online. Sosialisasi ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja tanpa adanya batasan waktu dan ruang. Namun, hanya akan terbatas pada koneksi, sinyal, dan juga kuota internet. Hal itulah yang menjadi tujuan dari adanya media sosial.

2. Memperluas Lingkaran Pertemanan

Dengan menggunakan media sosial, kita dapat bertemu dan juga berkenalan dengan orang baru, terlebih saat kita bergabung dengan sebuah komunitas. Kamu bisa mencari komunitas yang berhubungan dengan hobi, pekerjaan, atau berbagai hal yang menarik minat kamu. Memperluas pertemanan pastinya mempunyai banyak manfaat, karena itu artinya, kamu bisa banyak belajar berbagai hal dengan saling bertukar informasi dan ide. Terlebih pada saat masa pandemi, dimana bertemu teman secara langsung mungkin akan sangat sulit. Tapi dengan menggunakan media sosial, kamu bisa dengan mudah berkumpul dan berkomunikasi secara virtual.

3. Penunjang Bisnis yang Sedang Dibangun

Untuk orang-orang yang mempunyai bisnis atau sedang membangun bisnis, media sosial menjadi salah satu platform yang bisa digunakan untuk mempromosikan berbagai macam produk yang mereka jual. Tidak sedikit nama-nama badan usaha kecil yang sekarang sudah berkembang dan dikenal oleh banyak orang karena sering mempromosikan bisnisnya melalui media sosial. Persebaran ulasan yang diberikan tentang usaha tersebut juga menjadi salah satu kunci supaya bisa menarik banyak calon pembeli.

4. Memperoleh Ilmu Baru

Tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi dengan orang lain atau menyebarkan konten-konten hiburan, media sosial juga sering digunakan untuk memberikan berbagai materi edukatif. Apabila kamu ingin belajar ilmu baru, sekarang kamu dapat dengan mudah mencari tutorial ataupun materinya melalui media sosial. Menariknya lagi, kamu juga bisa memperoleh materi tersebut tanpa perlu membayar. Hal tersebut pastinya sangat menguntungkan untuk mereka yang ingin menambah skill atau tidak sanggup mengikuti kelas khusus karena biayanya terlalu besar.

5. Bergabung dengan Grup yang Bermanfaat

Media sosial sangat memungkinkan untuk membuat grup yang bermanfaat berdasarkan minat dan juga profesi kita. Jika kamu suka memasak, maka kamu bisa bergabung dengan grup masak yang ada di Facebook atau media sosial lain. Selain itu, ada pula beberapa komunitas yang mungkin saja menarik untuk diikuti, seperti misalnya komunitas pembaca buku, komunitas penyuka hewan, dan lainnya. Disana kita bisa saling bertukar informasi menarik yang berkaitan dengan minat dan profesi yang kita geluti. Media sosial juga bisa membuat kita lebih mudah bertemu dengan orang-orang yang sepemikiran dengan kita tanpa perlu pergi keluar.

6. Sebagai Sarana Dokumentasi, Integrasi, dan Administrasi

Manfaat media sosial selanjutnya yang bisa kita peroleh adalah sebagai sarana dokumentasi, integrasi, dan juga administrasi. Berbagai aplikasi media sosial pada dasarnya merupakan sebuah tempat untuk kamu menyimpan berbagai macam konten, mulai dari informasi, profil, reportase, rekam peristiwa, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaat lain dari media sosial yaitu membuat blog organisasi, melakukan integrasi berbagai lini pada suatu perusahaan, membagikan konten yang relevan sesuai target masyarakat, dan efektivitas operasional organisasi.

Dibaca dengan hati !

Mesin Waktu - 8 Tahun 7 Bulan, tidak berakhir sia - sia karena ada Dilanomera

MasyaaAllah Tabarakallah.. Saya akan berbagi pengalaman hidup saya, agar semua bisa mengambil hikmah dari setiap perjalanan didalam pernikah...