Integritas Sebagai Budaya Profesionalitas Dalam Bekerja
Apa itu integritas? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian integritas adalah mutu, sifat, dan keadaan yang menggambarkan kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Integritas dalam dunia pekerjaan adalah sikap dimana seseorang mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang telah diamanahkan terhadapnya, mengerjakannya dengan penuh profesionalitas dan menjauhkannya dari kepentingan pribadi. Seseorang yang mempunyai integritas maka akan lebih produktif dan selalu termotivasi saat bekerja.
Integritas sangat berpengaruh besar dalam perjalanan karir seseorang, karena integritas menjadi salah satu poin dalam penilaian atasan terhadap kinerja bawahannya. Seseorang yang memiliki integritas maka karir akan sukses. Lalu bagaimana cara menjadikan integritas sebagai budaya profesionalitas dalam bekerja ?
Cara menerapkan intergritas dalam bekerja :
- Selalu siap bekerja, ketika atasan memberikan tugas sudah semestinya seorang pegawai harus siap untuk mengejakan apa yang ditugaskan oleh pimpinan selama tugas yang diberikan tida melenceng dari tanggung jawabnya.
- Datang tepat waktu, seseorang yang berintegritas tinggi dapat dilihat dari caranya menghargai setiap waktu. Dalam bekerja sudah ditentukan jam berangkat dan jam pulang, maka sebagai pegawai yang berintegritas haruslah bekerja sesuai waktu yang telah ditentukan. Disiplin waktu juga harus dilakukan oleh seorang pimpinan agar menjadi contoh bawahannya.
- Jujur terhadap kelemahan, seseorang yang mau mengakui kelemahannya maka mereka akan lebih cepat berkembang karena mengerti betul akan kekurangan apa yang dimilikinya. Sehingga cepat berkembang untuk memperbaiki kekurangannya.
- Menyelesaikan konflik secara profesional, apabila dalam bekerja menemui masalah, seseorang yang berintegritas akan menyelesaikannya secara profesional.
- Menjaga rahasia, seorang yang berintegritas mampu menjaga rahasia yang sudah dipercayakan kepadanya. Jika dalam sebuah pekerjaan, maka seorang pegawai yang berintegritas mampu menjaga rahasia perusahaan/instansinya berupa data atau dokumen penting yang tidak bisa dipublikasikan ke masyarakat umum.
Menanamkan sikap berintegritas harus dimulai hal kecil di kehidupan sehari-hari, dimanapun berada tetap harus menjaga wibawa dan bersikap jujur.
No comments:
Post a Comment
Silahkan ketik sambil senyum ya