SOP sangat penting bagi suatu perusahaan baik perusahaan besar atau kecil karena berfungsi sebagai pedoman dan landasan hukum yaitu pedoman untuk mengantisipasi situasi atau keadaan yang tidak terduga sekaligus sebagai acuan melaksanakan pekerjaan.
SOP kerap dipakai untuk menunjukkan kepatuhan terhadap suatu peraturan maupun praktik operasional. Serta guna mendokumentasikan atau mengabadikan bagaimana tugas wajib diselesaikan dalam organisasi kelompok atau individu.
Prinsip SOP :
1. Efisiensi dan efektivitas;
2. Berorientasi pada pengguna;
3. Kejelasan dan kemudahan;
4. Keselarasan;
5. Keterukuran;
6. Dinamis;
7. Kepatuhan hukum;
8. Kepastian hukum.
7 Langkah Membuat SOP
- Membuat tim penyusun SOP.
- Pelajari proses bisnis perusahaan.
- Menyusun dan evaluasi alur kerja (flow chart).
- Simulasi SOP.
- Evaluasi dan perbaikan.
- SOP disetujui.
- Sosialisasi SOP.
- Menyusun strategi dan metodologi kerja.
- Menyusun perencanan kerja.
- Menyusun pedoman perencanaan dan program kerja secara terperinci.
No comments:
Post a Comment
Silahkan ketik sambil senyum ya