Friday, December 8, 2023

Langkah membuat SOP

 


SOP sangat penting bagi suatu perusahaan baik perusahaan besar atau kecil karena berfungsi sebagai pedoman dan landasan hukum yaitu pedoman untuk mengantisipasi situasi atau keadaan yang tidak terduga sekaligus sebagai acuan melaksanakan pekerjaan.

SOP kerap dipakai untuk menunjukkan kepatuhan terhadap suatu peraturan maupun praktik operasional. Serta guna mendokumentasikan atau mengabadikan bagaimana tugas wajib diselesaikan dalam organisasi kelompok atau individu.

Prinsip SOP :

1. Efisiensi dan efektivitas; 

2. Berorientasi pada pengguna; 

3. Kejelasan dan kemudahan; 

4. Keselarasan; 

5. Keterukuran; 

6. Dinamis; 

7. Kepatuhan hukum; 

8. Kepastian hukum.

7 Langkah Membuat SOP

  1. Membuat tim penyusun SOP
  2. Pelajari proses bisnis perusahaan.
  3. Menyusun dan evaluasi alur kerja (flow chart).
  4. Simulasi SOP.
  5. Evaluasi dan perbaikan.
  6. SOP disetujui.
  7. Sosialisasi SOP.
Tanpa SOP yang baik, akan sangat sulit berharap kinerja instansi pemerintah berjalan efektif dan efisien. "Catatlah apa yang dilakukan dan lakukan apa yang sudah dicatat. SOP adalah bagian penting dari kepastian hukum dan tertib administrasi.

Tahap ini terdiri dari (3) tiga langkah yaitu:
  • Menyusun strategi dan metodologi kerja.
  • Menyusun perencanan kerja.
  • Menyusun pedoman perencanaan dan program kerja secara terperinci.

Agar tetap relevan dan berguna, Anda harus memantau dan memperbaruinya setidaknya setahun sekali. Prosedur operasi standar tertulis tidak hanya membuat karyawan Anda tahu bagaimana mereka seharusnya melakukan pekerjaan mereka, namun juga membuat mereka tahu mengapa mereka hal tersebut.


No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik sambil senyum ya

Dibaca dengan hati !

Mesin Waktu - 8 Tahun 7 Bulan, tidak berakhir sia - sia karena ada Dilanomera

MasyaaAllah Tabarakallah.. Saya akan berbagi pengalaman hidup saya, agar semua bisa mengambil hikmah dari setiap perjalanan didalam pernikah...